“Bagaimana tips agar bisa melahirkan secara normal dan lancar?” setidaknya itu adalah sebagian daftar pertanyaan dari seorang calon ibu yang baru pertama kali akan melahirkan seperti saya dan juga pasti ibu-ibu lainnya. Ketakutan, bayangan akan kesakitan, dan bayang-bayang melahirkan tidak normal itu pun adalah yang selalu menyelimuti pikiran. Stress lah pokoknya..

Mengubah Mind Set

Tetapi sebenarnya sudah saatnya kita mengubah mind set, bagaimana kita me-manage pikiran kita yang dipenuhi dengan ketakutan itu. singkatnya daripada memikirkan hal-hal menyeramkan tersebut mendingan kita pikirkan saja hal-hal yang positif. hal pertama memang terletak dalam pikiran kita, karena tips apapun kalau kita begitu ketakutan maka sama saja akan fatal.

saya pernah memaca tulisan yang kira-kira judulnya Melahirkan dengan Berani”, sebuah judul yang menantang. dan memang di dalamnya ditekankan bahwa jadilah kita seorng pejuang melahirkan!

Beberapa tips yang dapat saya tangkap diantaranya adalah, Tanamkan dalam hati dan percayakan bahwa kita akan melahirkan secara normal dan lancar, buang segala “desas-desus” berita menyeramkan akan melahirkan. “Kelahiran adalah menakutkan,” “Tetangga saya punya kelahiran mengerikan jadi saya akan begitu juga,” “Aku tidak bisa mengatasi rasa sakit” dll, buanglah semua itu dari kamus anda. Semakin sedikita ketakutan dan keangkeran serta ketegangan kita maka akan semakin kita merasakan kenikmatan melahirkan. Tanamkan sugesti bahwa tubuh kita adalah batu, tubuh kita bukanlah lemon, insyallah kita dapat menjalani proses melahirkan dengan berani.

Ingatlah bahwa rasa sakit dan kesenangan dalam melahirkan merupakan dua hal bersamaan yang tidak bisa dipisahkan. Berfokus pada rasa sakit hanya akan menyiksa kita. Daripada melihat kesakitan sebagai hukuman lebih baik kita pandang melahirkan itu sebagai kesenangan,  sebagai hadiah yang harus dirayakan. Demikian kira-kira pesan dari judul tulisan tersebut. Jadilah berani!!

Ada satu hal yang menarik juga dalam kaitan dengan topik ini, yaitu dengan terapi hypnobirthing, yang intinya mengatur pikiran gitu. seperti yang telah dijelaskan diatas yaitu mengatur mind set kita dan penanaman sugesti positif.

diantaranya meningkatkan ikatan batin kepada bayi dengan mengajak ngobrol bayi yang ada di kandungan kita. Dalam hypnobirthing ini membiasakan ngobrol dengan bayi kita adalah hal yang penting dalam upaya menanamkan sugesti dan ikatan batin. kita bisa ngobrol seperti layaknya kita ngobrol dengan orang lain, kita tanamkan bahwa kita akan lahir normal dan saling membantu dll.

Apa itu hypnobirthing?

Hypnobirthing Berasal dari kata Yunani Hynos yang berarti tidur/pikiran tenang. Birthing adalah proses kehamilan sampai melahirkan. Pertama kali dikembangkan oleh Marie Mongan sejak tahun 1959. Hypnobirthing  adalah upaya alami menanamkan niat kepikiran bawah sadar untuk menghadapi persalinan dengan tenang dan sadar.

Menurut Lanny Kuswandi, terapis Pro V Clinic (Holistic Health Care) hypnobirthing adalah relaksasi dengan penambahan sugesti melalui usapan. Tangan menjadi sarana untuk mengusap daerah bawah payudara hingga perut. Bahkan cara ini telah dilakukan oleh para ibu hamil ketika bayinya meronta dalam kandungan. Untuk menenangkan sang bayi, biasanya ibu akan mengusap perutnya diiringi dengan  membisikan kalimat-kalimat  lembut.

“Niat positif  untuk ibu hamil adalah bayi tumbuh sehat jasmani dan rohani sampai kehamilan 9 bulan menghadapi proses persalinan dengan alami, nyaman dan lancar,” ungkap Lanny.

Selama ini yang terjadi, kebanyakan para ibu termakan pengalaman orang lain saat menghadapi proses melahirkan. Padahal pengalaman setiap orang senantiasa berbeda. Misalnya saja, jika si A menceritakan pengalaman bersalinnya berlangsung berurai air mata karena dia harus menahan rasa sakit yang amat sangat. Maka yang biasa  terjadi si B akan berpikiran bahwa nantinya dia akan mengalami nasib  serupa A.

Padahal penilaian ini tidak benar sama sekali. Yang perlu ditanamkan dalam pikiran setiap calon ibu adalah setiap kehamilan unik dan berbeda dan setiap bayi pun dilahirkan dalam keadaan berbeda.

“Semua orang selalu mengatakan bahwa melahirkan itu sakit sekali. Padahal kalau si ibu biasa melakukan relaksasi maka ini akan memperkecil timbulnya rasa sakit itu dan proses persalinan berjalan lancar,” terang Lanny.

Efek yang juga dirasakan, jika selama dalam kandungan bayi menerima ketenangan dan kedamaian dari kedua orang tuanya maka  itulah memorinya. Tapi yang biasa terjadi saat ini, ketika ibu dalam keadaan hamil seringkali menghadapi stres lantaran beban pekerjaan. Bayi pun turut merasakan tekanan tersebut.

Empat Langkah Hypnobirthing:

Pertama, kepala dimiringkan di atas bahu kanan kemudian diputar  sampai di atas bahu kiri, kembali ke bahu kanan sampai delapan kali hitungan. Setelah itu jari kanan di atas bahu diputar ke belakang  sebanyak delapan kali. Lalu tangan tetap di atas bahu diputar ke depan sebanyak delapan kali pula.

Langkah kedua adalah relaksasi otot. Berbaring santai, lengan disamping kanan dan kiri, telapak kanan menghadap atas. Lalu tegangkan telapak kaki hingga merambat ke betis, paha, pinggul dan dada. Pundak ditarik ke atas dan kedua telapak tangan dikepal kuat. Dahi dikerutkan, lidah ditarik ke arah langit-langit.

Langkah ketiga berupa relaksasi pernapasan. Dalam keadaan berbaring, otomatis napas akan terdorong ke arah perut. Tarik napas panjang melalui hidung sambil hitung sampai 10 kali. Kemudian hembuskan napas perlahan-lahan lewat mulut, lakukan 10 kali juga.

Langkah keempat adalah relaksasi pikiran. Langkah ini diwakilit indra mata. Setelah mata terpejam sejenak, buka mata pelan-pelan sambil memandang satu titik tepat di atas mata. Makin lama kelopak mata makin rileks, berkedip. Pada hitungan kelima mata akan menutup.
Pada saat ketiga unsur jiwa (perasaan, kemauan dan pikiran) dan raga istirahat, masukkan program positif yang akan terekam dalam alam bawah sadar.

Contoh program positif; ‘Saya dan janin di dalam kandungan akan tumbuh sehat. Dan pada saat persalinan akan menghadapinya dengan tenang’.

Selamat mencoba!!!

Sumber rujukan:

http://www.hypno-birthing.web.id/?p=456

http://abclocal.go.com/kgo/story?section=view_from_the_bay/parenting_babies&id=6366339